FIND OUT WHY BEFORE HOW

Sejak artikel HOW TO WIN terbit kemarin, ada sahabat yang bertanya kepada saya, strategi seperti apa yang cocok untuk digunakan dirinya dalam pemilihan legislatif 2019 nanti, apakah strategi Darat, Laut atau Udara.
Sebenarnya bukan masalah strategi apa yang mau digunakan. Semua strategi bisa di gunakan tergantung budget dan segmetasi pemilih anda. Namun agar Efektif dan Efisien, ada satu pertanyaan kunci yang harus di jawab yaitu MENGAPA (WHY) sebelum pertanyaan HOW nya didapat.
Mengapa saya harus menang? ,mengapa saya harus terpilih? Mengapa saya layak mewakili ribuan pemilih saya? Adalah pertanyaan-Pertanyaan yang harus di jawab oleh caleg sendiri untuk mengambarkan NIAT sebagai bagian dari Seleksi diri.
Jawaban dari pertanyaan WHY ini lah yang akan menjadi dasar Personal Branding dan siapa target atau segmentasi pemilih anda.setiap jenis pemilih (akan saya jelaskan dalam artikel yang lain) treatmentnya berbeda. Sehingga strateginyapun berbeda pula. Contohnya jika pemilih anda berada di pedalaman yang tidak memiliki sinyal internet, sangat tidak efektif jika anda gunakan strategi udara untuk menyampaikan pesan anda kepada mereka.
Jika WHY sudah terjawab, langkah selanjutnya adalah memadukannya dengan tiga modal utama yang harus dimiliki oleh para caleg. Ketiga modal itu adalah modal politik (political capital), modal sosial, (social capital) dan modal ekonomi (economical capital), ketiga modal ini dapat mempengaruhi seorang kandidat dalam memperoleh dukungan dari masyarakat. Semakin besar akumulasi modal yang dimiliki oleh seorang kandidat maka semakin besar pula dukungan yang diperoleh.
Jadi, temukan dulu WHY sebelum menentukan HOW apa yang akan anda gunakan. Barulah kemudian bisa dilakukan pemetaan. Pemetaan, baik wilayah maupun pemilih, Penting dilakukan agar anda tidak tersesat dan kehabisan sumber daya karena Pemetaan pemilih sangat bermanfaat untuk menentukan alokasi sumberdaya baik material maupun non material secara efektif, efisien, dan tepat sasaran. Soal pemetaan politik ini akan saya jelaskan diartikel lain bersama dengan jenis-jenis pemilih.
Semoga bermanfaat

Srikujam Sindicate.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*