HOW TO WIN

Srikujam Syndicate mengucapkan selamat kepada para Calon Legislatif yang sudah ditetapkan KPU.
.
Tentu kita yakin semua Caleg ingin menang dan duduk menjadi anggota Legislatif mewakili Daerah pemilihannya masing-masing.
.
Namun kita juga memahami, bahwa kuota kursi anggota Legislatif sangat sedikit, sehingga semua caleg wajib memiliki strategi politik jika ingin menjadi bagian dari pemenang yang sedikit itu.
.
Banyak strategi politik yang bisa para caleg dilakukan. Kami membaginya menjadi 3 strategi, yaitu;
.
1. Strategi Darat; dimana para caleg melakukan kunjungan lansung/Door to door ke konstituen didapil untuk menyampaikan pesan visi misi dan program kerja nya. Strategi ini masih sering digunakan saat ini, namun buget yg di gunakan jg terbilang besar apalagi kalau wilayah dapilnya sangat luas dan kondisi infrastukturnya buruk, sehingga Caleg diharuskan menyiapakan kendaraan operasional standar ( dan yg pasti mahal😉) utk mencapainya.

2. Strategi Laut; para Caleg menggunakan Para Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama, Pemuda dsb (Influenzer) sebagai PEMBAWA PESAN (kapal pesan) kepada konstituen. Strategi inipun akan efektif jika Para Tokohnya masih dipercaya dan caleg bs menemukan mana tokoh beneran atau jadi2an. Krn musim pileg seperti saat ini, banyak yg tiba2 mengaku tokoh. Dan biaya yg ditimbulkan biasanya juga besar. Krn bukan satu dua saja caleg yg mendekati tokoh2 tersebut.

3. Strategi Udara; para caleg yang sudah melek teknologi informasi biasanya sudah menggunakan ini khusus nya media sosial sebagai sarana pembawa pesan mereka. Media sosial terbukti efektif menjaring pemilih milenial krn di medsoslah para pemilih jenis ini berkumpul dan menghabiskan waktunya. Strategi ini efektif jika konten yang “dijual” menarik dan memancing traffic krn konten adalah raja (konten is king) dan traffic adalah ratunya (traffic is queen). Dan medsos bisa dibilang lebih murah dibandingkan dua strategi di atas.
.
Berdasarkan pengalaman saya, Dari 3 strategi diatas, tidak ada satupun yang sempurna. Namun bisa dipilih mana yang lebih efektif dan efisien tergantung kondisi Dapil para caleg yang bersangkutan.
.
Tentu yang tak kalah penting, pesan apa yang hendak di sampaikan?. Branding Personal seperti apa yang diharapkan para pemilih dari anda?. Menentukan Branding yang sesuai dgn segmentasi pemilih anda bisa jadi proses melelahkan jika tidak memahami caranya.
.
Dengan pengalaman dibidang politik dan pengetahuan Teknologi Digital yang dimiliki, Srikujam Syndicate bisa membantu konsultasi bagaimana cara membangun branding personal yang tepat serta penggunaan Teknologi Digital untuk kepentingan Politik anda.
.
Akhir kata kami mengucapkan SELAMAT BERKONTESTASI dalam pesta Demokrasi ini. Semoga apa yang menjadi cita2 anda dapat terwujud.

Salam

D.O.Srikujam
Konsultan Branding & Digitasi Politik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*