GMKI KALIMANTAN BARAT MENDUKUNG PELANTIKAN KEPALA DAERAH

Oleh: Antonius Munthay, SH

IMG_1546 - Copy (2) - Copy

Menteri dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, pelantikan kepala daerah akan segera digelar yaitu, kepala daerah terpilih hasil pilkada 2015 akan dilantik serentak pada tanggal 17 februari 2016 di Provinsi masing-masing, bagi daerah yang tanpa gugatan hasil mahkamah Konstitusi (MK). Klimak seluruh tahapan mulai saat kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang dan sidang istimewa untuk mengumumkan bupati dan wakil bupati terpilih di masing-masing daerah adalah tahapan pelantikan.

Di Provinsi kalimantan Barat ada tujuh yang melaksanakan pilkada serentak pada 9 desembar 2015 yang lalu dan hari ini juga dilantik enam bupati terpilih dan masih menyisakan satu yang belum bisa dilantik yaitu, bupati Sambas karena masa periodesasi bupati yang lalu belum habis periodenya. Pelantikan enam kepala daerah yang dilakukan serentak pada tanggal 17 Februari 2016 oleh Gubernur Provinsi kalimantan barat Drs. Cornelis, M.H. yaitu, Bupati Sintang, Bupati Kapus Hulu, Bupati Melawi, Bupati Sekadau, Bupati Bengkayang dan Bupati Ketapang.

Kami mengapresiasi dan mendukung pelantikan kepala daerah yang telah ditetapkan sebagai pemenang pada pemilihan tanggal 9 Desembar 2015 yang lalu. Pelantikan tersebut merupakan awal dari era kepemimpinan baru, tentunya banyak harapan masyarakat dengan dilantiknya kepala-kepala daerah tersebut. Rakyat menanti gebrakan dan peruhan yang dilakukan pempin mereka era baru, pada pundaknyalah rakyat berharap pemimpin meraka dapat dan mampu melaksanakan amanat yang rakyat telah mereka dititipkan kepada pemimpin daerah Era Baru, sesuai deangan visi dan meisi yang telah telah mereka diutarakan pada saat kampanye, dan kita berharap pemimpin-pemimpin yang baru dilantikan ini dapat mendaratkan atau menepati janji kampanye sesuai denagan visi dan meisi tersebut.

Rakyat yang menanti dan berharap besar tentang perubahan dan gobarakan pemimpin yang mereka telah percayakan mampu membangun semua lini, yang mana kita tau Kepala Daerah yang dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 ini bayak pekerjaan rumah (PR) yang perlu segera mereka kerjakan untuk membangun daerahnaya, agar mampu memajukan sumber daya masyarakat, sarana dan prasana, perokonomian rakyat, dan meningkatkan kemampuan keuangan daerah serta aksesibilitas dan karakteristik daerah. Membanggun daerahnya menjadi daerah yang produktitif dalam segala hal merupakan tanggung jawabnaya. Membangun daerah tentunya perlu ketulusan, memimpin daerah bukanlah hal yang mudah seperti membalik telapak tanggan tetapi jika pemimpinnya mempunyai rasa penuh tanggungjawab dan mempunyai hati yang melayani, kita yakin pemimpin-pimpin daerah hari ini yang dilantik dapat memngangkat harkat martabat daerah, dan membanggun daerahnya sesuai dengan semangat visi-misinya.

Dalam hal ini juga kami meminta kepada bupati-bupati yang dilantik hari ini untuk membangun daerahnya dengan serius dan dengan rasa penuh tanggungjawab dan kami mengucabkan selamat kepada bupati-bupati yang dilantik supaya dapat menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah, dan kami berharap mesyarakat dan stakhorder yang ada dapat membantu dan mendukung bupati-bupati kita yang kita banggakan. Lepaskan semua perbedaan yang ada ketika kampanyen dan mari kita bersama-sama mendukung dan mengawal kebijak yang ada.

(Penulis adalah Koordinator Wilayah XIV GMKI Kalimantan Barat)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*